Share of my interest…

Cerita-cerita ringan untuk untuk kita semua…

Suzuki Shogun 125 SP

Spesifikasi:

Dimensi:

Panjang keseluruhan : 1.911mm

Lebar keseluruhan : 705 mm

Tinggi keseluruhan : 1.072 mm

Jarak antara as roda : 1.240 mm

Jarak mesin ke tanah : 146 mm

Berat kendaraan : 99 kg

Tinggi tempat duduk : 755 mm

Mesin:

Jenis : 4 langkah, SOHC

Sistem pendinginan : Pendingin udara

Jumlah silinder : 1 (satu)

Diameter silinder : 53,5 mm

Langkah piston : 55,2

Kapasitas silinder : 124,1 cc

Perbandingan kompresi : 9,5 : 1

Daya maksimum : 10,8 Ps / 8000 rpm

Torsi maksimum : 1,1 Kg-m / 6500 rpm

Karburator : Mikuni VM 18 SS

Saringan udara : Elemen kertas

Sistem starter : Engkol

Sistem pelumasan : SALCS (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System)

Transmisi:

Kopling : Manual plat majemuk tipe basah

Transmisi : 4 percepatan

Arah perpindahan gerak : 1 ke bawah, 3 keatas

Rantai penggerak : 100 mata

Rangka:

Rangka : Under bone

Suspensi depan : Teleskopik, per spiral, peredaman oli

Suspensi belakang : Lengan ayun, per spiral, peredam oli

Sudut setir : 45° (kanan dan kiri)

Rem Depan : Cakram, hidrolis

Rem belakang : Cakram, hidrolis

Ukuran ban depan : 70 / 90 – 17 M/C 38P

Ukuran ban belakang : 80 / 90 – 17 M/C 44P

Sistem Listrik:

Sistem pengapian : Suzuki DC-CDI (digital)

Busi : NGK C 6 HS / ND U20FS-U

Accu : 12V (2,5 Ah) / 10 Hour

Kapasitas:

Tangki bahan bakar : 4,5 L

Tangki oli mesin

-Penggantian : 800 ml

-Pembongkaran : 1000 ml

Sumber: Brosur Suzuki Shogun 125

Spesifikasi pribadi:

-Ban : Lungsuran CBR 150 R

Depan : IRC eagle grip, 80 / 90 – 17 M/C 44P (Tubeless)

Belakang : IRC eagle grip, 100 / 80 – 17 M/C 52P (Tubeless)

- Filter udara : Dilepas

Suzuki Shogun 125 SP 2006

H 6898 BL

Motor yang paling mendekati sempurna dalam pandangan gw dalam kelas bebek selain Honda Supra Fit S. Kenapa gw gak pilih Honda aja?? Karena sejatinya ini motor untuk riset gw, karena dikampus cuma diberi ilmu teoritis aja dan hubungannya sebagian besar merupakan manufaktur. Balik kenapa gak memilih Honda, karena:

  1. Tampang udah oke, gak perlu modif lagi.

  2. Harga second-nya jatuh (gw beli second hand).

  3. Dengan umur kira-kira setahun masih dapat yang bagus.

  4. Well, belum ada Sonic RS125 CKD plus sangat murah… Kalau ada sih jelas langsung meminang Sonic..

Untuk pilihan Jupiter atau Vega? Gw Cuma suka mesinnya kalau udah dibore-up jadi 125cc (sebetulnya gw ada rencana bwt bikin jadi Shogun130SP.. Hehehe….). Tapi untuk sementara ini aja cukup..

Ni motor sih belum ada 4 bulan ditangan gw, dulu pas beli masalah utama adalah “mberebet”. Gigi 1-2-3-4 alias di semua percepatan. Biasa, paling setelan udara.. Gw setel sendiri malah kacau, sempet ketemu yang lumayan, tapi habis itu gw setel lagi.. Malah tambah hancur… Gw liat filter udaranya, udah kotor… langsung ganti… Masih “mberebet”. Malah nambah masalah yaitu kalo belok pasti ngegas sendiri, akhirnya ganti kabel gas, gw bandingin sih ada 3mm beda panjang.. Itu mah banyak Banget!! Pantes aja mau ditaruh disana kek, disini kek tetep aja ngegas sendiri kalo belok… Terus cek akinya, mati… Distroom di rumah sesuai petunjuk… Nyala, gak lama lagi mati… Langsung ganti (nyatanya mahal juga lo akinya…).

Karena gw udah “enek” nyetel gak ketemu2 yang enak, akhirnya bawa ke bengkel deket rumah. Setelah disetelin, okelah… Walaupun masih agak “mberebet”. Gak puas, bawa kebengkel Suzuki.. Servis sekalian ganti oli en filter oli… Habis servis gw bawa keliling kota. Gigi 1-2 oke, bisa sampai 60kpj… Gigi 3-4 “mberebet”.. Buset dah!! Mberebet kok Cuma gigi 3 sama 4 (gigi 2 sedikit banget), kalo gini sumbernya gak bisa ditebak.. Besoknya gw bawa servis lagi (gratis kok…), akhirnya (setelah menunggu agak lama, kira2 1jam… Lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan untuk 1 motor servis) solusinya adalah dilepas filter udara… Udah seminggu ini normal (lagi tes irit2an nih..).

Kalo tesis gw sih karena ada semacam “gap” disisi sayap kanan motor yaitu pada lubang kunci dan pemasangan bodi yang tidak bisa pas… Waktu kecepatan diatas 60kpj, angin yang melewati sayap menjadi bertekanan rendah. Nah tekanan itu pas berada di lubang masuk filter udara sebelah kanan. Saat filter dilepas, hisapan udara menjadi lebih kuat… Jadinya “mberebet” hilang.. Resikonya (lepas filter) sih kecepatan rendah menjadi tidak enak karena campuran jadi terlalu miskin.

Ternyata sehari setelah motor jadi normal. Baut penahan kabel koplingnya lepas. Buset dah, untuk hari pertama gw pasang sendiri sekalian nyetel sendiri karena setelan dari mekanik Suzuki sangatlah pendek alias kepanjangan “spelleng” (jarak main bebas).. Bener2 memusingkan menyetelnya. Setelah 1 malam memikirkannya akhirnya gw mengerti mekanismenya.. Setelah mencoba lagi, belum bisa juga gw… Masih belum jelas, jika gak ada spelengnya motor tidak bisa. Tapi kalo ada spelengnya jaraknya terlalu pendek, menetralkan susah, bahkan jika kopling ditarik maksimal roda masih berputar, jika digas walaupun sudah menarik kopling maksimal roda belakang akan ikut berputar kencang (sekali!!). Setelah berpusing-pusing ria semalaman.. Gw nyetel lagi hari berikutnya.. Dapet!! Yes… Walaupun kasus yang roda ikut berputar walaupun dikopling full masih ada.. Tapi untuk menetralkan sudah enak..

Akhirnya gw ngerti kenapa temen2 gw yang punya Suzuki (satriaF, Satria 2tak jenis terbaru, Satria 2 tak lama) koplingnya sangat pendek… Yah, resikonya kampas kopling cepet aus kalo lama2 masuk gigi diem plus geber2.. Dan gigi rasio cepet rontok. Tapi toh 95% kita riding adalah perjalanan normal (kecuali macet tentunya). Jadi tidak sedramatis itu lah… BTW, mesin shogun itu halus banget ya?? Padahal kilometer lumayan tinggi…

Untuk masalah body sih, banyak banget minusnya.. Slebor depan udah dilubangin untuk menceperkan tunggangan, sepertinya udah pernah jatuh lalu dipylok sekenanya, jok ada bolong kecil, minus tool box, spion shogun biasa. Masalah spion udah beli spion khusus SP… Lama banget, nunggu 2,5 minggu baru ada (pesen tentunya)…

Masalah kaki2 ini yang membuat gw merasa paling beruntung. Pertama masuk ke showroom motor second (setelah mencari di sekitar 10 showroom), ada ni motor.. Overall masih oke.. Setelah gw cek velg belakangnya, eh kok peyang (banget).. Terus masnya bilang, udah ganti aja sama kaki motor yang itu (sambil nunjuk shogunSP lain yang terondolan, kayaknya bekas untuk balapan liar), gw cek velgnya.. Hum, masih okelah.. Akhirnya beli juga deh motor bwt riset gw…

17 Agustus 2007

Lagi tes irit2an nih. Kemaren (sekitar 3 hari yang lalu) diisi Rp 15.000,- premium, diisi sampai full. Sekarang sih udah mencatai 87 km baru satu strip turun… Tapi jangan seneng2 dulu, biasanya habis itu turunnya dramatis (bukan drastis aja)… Makanya bener2 nunggu sampai mengisi Rp 15.000,- berikutnya. Untungnya sih tangki Shogun SP gak ada yang aneh seperti di tangki Honda Tiger. Kalo di Honda Tiger ada semacam “kotak” putih, mungkin fungsinya untuk reserve bensin. Dari full sampai 70% akan lama turunnya, tapi kalau sudah 70% akan cepat sekali penurunan indikatornya (bukan berarti boros lo…).. Kira2 sampai 35% baru kembali lambat jarum indicator bensinnya… Masalah tangki CBR sih gak ada reserve, jadi gak mengalami seperti itu…

Last word, motor ini udah dijual 1 tahun yang lalu.. Project berindah ke CBR150.

About these ads

Agustus 18, 2007 - Posted by | Suzuki Shogun 125 SP

23 Komentar »

  1. bagaimana cara membuat sp menjadi raja di jalanan dan enak buat balap liar bukannya buat jambret org yah…dan sekaligus buat tepe2…

    Komentar oleh rikO | September 6, 2007

  2. anyak aja buka2 Majalah OP sama M+ , masalah tampang udah ada 2 yang bikin gw gregetan… Keren..

    Masalah performa, pakek dari otomotif aja dulu.. Piston Tiger, CDI BRT, Kampas kopling Satria 2tak 5 lembar, Klep, per klep, en knalpot terserah anda.. Saran gw kasih oil cooler..

    Komentar oleh wyren | September 13, 2007

  3. Anda kuliah apa mas? mesin? setting gitu aja kok ribet…sebelum setting karbu.liat dulu kondisi busi…kalau merah bata brarti dah ok.Dalam kondisi anda motor sampeyan kebanyakan bensin pantas aja mbrebet…klo dah setting karbu ngga dapat..gw yakin tuh pj/mj atau per klip udah ngga standar lagi hahaha.so intinya liat busi aja baru ke yang lain.Btw gw bisa bawa motor shogun sp tembus 145 kpj.Dengan setting ulang karbu standar tentunya.

    Komentar oleh Capten | Oktober 7, 2007

  4. Saya punya masalah pd mesin motor shogun sp taun 2007. knapa ada suara yg agak brisik dari dalam mesin seperti bunyi pasir trusss……… katanya sehh itu karna setang sehernya yang kalah. g’mana dong???? mohon penjelasannya

    Komentar oleh iqbhal | Mei 20, 2008

  5. gue pengen beli motor tapi masih bingung pilih yang mana..???

    http://www.perbaiki-sendiri.cjb.net

    Komentar oleh aden | Juni 26, 2008

  6. gue mau bli motor nih.. new shogun bagus kagak untuk di pake sehari-hari…
    gue sih bukan untuk kebut-kebutan tapi buat gaya-gayaan aja…

    http://www.perbaiki-sendiri.cjb.net

    Komentar oleh aden | Juni 26, 2008

  7. Aku br beli new shogun 125sp tgl 25 juni 2008,yg aku sesalkan tentang body motor,btw aku pake hingga tgl 2 juli 2008..Karet Foot step pada lepas,mur knalpot pada kendor,striping bodi pada ngelotok..Apa punyaku ini tmsk cacat produksi,dan gimana harus claim..Trus terang aku kesel bgt padahal br 102 km,…Ayo suzuki KUALITASMU CUMA SEGITU AJA..Amit2 dah.!!!

    Komentar oleh Sadewo | Juli 2, 2008

  8. gmn kalo shogun sp 125 diisi premium

    Komentar oleh milton harianja | Juli 14, 2008

  9. shogun SP standart udah enak banget bwat tarik tarikan.tinggal ganti spuyer, knalpot, dan cdi aja udah cukup.BRAVO SP!!!

    Komentar oleh yenaz | Oktober 5, 2008

  10. Gw bru aj beli shogun 125 SP yg keluaran terbaru.Beli second sich,hrg ny setelah tawar2 gt pas 12jt man.tp msh lumayan lah dr penampilan fisik n mesinnya jg msh ok bgt kykny.Pdhl mtr itu udh 1thn pake.Tp yg gw merasa gak enak am tu motor cuma pada lampunya aj.Kyaknya tu terlalu jauh lah jarak jangkaunya.Jd,pandangan gw klo udh malam tu agak sulit dikit.Apa emg asal dr baruny atw emg prnah berubah gt selama dipake am pemakainy yg dulu.Tp yg lain ny masih ok n sip banget lah.Pokokny gw gak nyesel deh pny motor ini.Dr penampilan luar udh ok bgt,mesin dalam pun boleh diadu am motor lainny.

    Komentar oleh angga sevenfold | Desember 16, 2008

  11. klo shogun SP maw di buat BaLi’an (balap liar) pke piston thunder 125, CDI shogun “kebo”, kanvas kopling pke “satria 6 speed”, noken as di kem dikit ja, knalpot free flow, karburator standard ja dah ok

    Komentar oleh ezra | Januari 1, 2009

  12. ok banget tuh bang……

    tp ngomong2….aku minta manual booknya dong bang. soalnya, q beli secondhand, kondisi sedikit mengenaskan….tp krn adanya itu, ya ga apalah. Aku mau dandanin btul2 mtor itu, jd kalau ada manual Booknya, tlg di kirim ke alamat e-mail itu ya bang…..

    makasih……..

    Komentar oleh Antok | Januari 11, 2009

  13. Maaf, sebagai admin jarang kesini. :-D

    Masalah manual shogun, saya belum dapat.. Kalau manual Honda (moge), saya ada link-nya..

    BTW, shogun saya sudah dijual, another good bike fly from my hand… BTW, shogunSP terbaru keren, sayang slebor belakang terlalu panjang kebelakang, kalo itu gak masalah. Sisaya itu motor yang sangat bagus. :-D

    Komentar oleh wyren | Januari 15, 2009

  14. motor gw sp 2006 ceper pake ban 2.00 depan belakang stabil buat nyebut.gw pernah ngetes top speed ampe 140+ km/j padahal mesin gw masih standar.gw tarik gas cuma 3/4 masih blom pol.bahan bakar premium.kalo pake pertamax jadi g ada larinya ngempos.gw ngetes jarak 700 meteran gitu dah.

    makanya ceperin aja motor bro2 pada supaya lebih stabil dalam berkendara

    Komentar oleh michael | Januari 16, 2009

  15. w ga prCaya bOz kLo sHogun Sp standar bs aMpe Lari 140 kpj.
    Terus terang aja bOz,cdi shogun sp itu UdaH Limiter..kira” Limit nya paling tinggi itu 10.000 RPM boZ bwt mtor standar..
    shogun sp standar w aja,Top speed nya paling tinggi 120 kpj,,iTu jg w udah pake cdi shogun 97..tp gigi 3 w bs ampe lari 100 kpj lebih boz..

    Komentar oleh MeKniK sHogun sp | April 15, 2009

  16. @^
    Wah.. Mekanik shogunSP. Tapi saya diceritain sama temen FU. Kalo top speed katanya Shogun mekanik Suzuki (SCS, shogun club semarang, CMIIW) katanya bisa nyamain sama FU. Ntah gimana tu nyetelnya…. :-D

    Komentar oleh TyranT | April 21, 2009

  17. payah bgt masnya ini,smw tu cm hal sepele…….

    Komentar oleh Jun-Jun PengejarMimpi | April 3, 2011

  18. boleh ikut nimbrung….!
    ane jg pemakai shogun sp 2005.. tuh kuda besi betina ane dah keliling2.. jakarta – jogja 5 X…
    ane emg demen touring, pangalengan, ciwidey, situ patengan, anyer, cirebon, dsb…
    musuh ane honda mega pro, tp msh bisa ngimbangin.. spek kuda besi betina ane :
    CDI BRT, kampas kopling satria 6speed, pj/mj 17.5/105, noken as papras dikit, filter udara dibolongin dikit, knalpot standar….
    lumayan lah, tembus 130kpj….

    Komentar oleh Galih Putra | Januari 20, 2012

  19. hehe sesama pemakai shogun Sp juga gan punya ane tahun 06 juga
    mesin full satandar punya dari pertama kali keluar
    buat ukuran motor standr sih asik juga nih
    tembus 115km/jam ( di.jln pahlawan revolusi pondok bambu),bagi ane wah banget mengingat badan ane beratnya 3 digit :P

    Komentar oleh bho cun lay | Juli 26, 2012

  20. shogun SP ane tahun 2007 awal, padahal kopling slip parah bisa nyampe 130 tuh d BKKBN halim P.K
    yg bagus pake kampas kopling sama per kopling apaan yaa biar narik lagi?

    Komentar oleh yogi nur R | Agustus 30, 2012

  21. Numpang tanya nh ,sya pemakai shogun sp 125 thn 2006 klau di nyalain buat manasih lancar tpi klau buat d jlanin mati mulu knapa ya tlong dong mnta bantuannya ???

    Komentar oleh jambuel | Desember 15, 2012

  22. […] Suzuki Shogun 125 SP « Share of my interest… […]

    Ping balik oleh Kepanjangan Gws | Caramanfaat.net | Februari 28, 2014

  23. motor ane shogun SP 125 , rencana ane mau pasang underbone pd motor ane. apa bisa??? cos apa perlu d tambah tempat buat naroh underbone nya?//
    minta saran nya dari agan semua>>

    Komentar oleh aji | April 17, 2014


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: